news

PT KP PRESS | Bursa Wall Street Ditutup Sebagian Besar Naik Terdukung Data Positif Ekonomi AS

PT KP PRESS SURABAYA – Bursa saham AS berakhir mixed pada hari Rabu, dengan indeks S&P 500 dan Nasdaq 100 naik di tengah data ekonomi AS yang lebih baik dari perkiraan. Juga, saham teknologi pulih dari kerugian awal Rabu dan bergerak lebih tinggi setelah imbal hasil T-note turun.

Kenaikan saham dibatasi oleh kekhawatiran bahwa kekuatan dalam ekonomi AS dan inflasi mungkin mendorong The Fed untuk mempercepat laju pengurangan QE setelah Presiden Fed San Francisco Daly mengatakan bahwa dia melihat kasus bagi The Fed untuk mempercepat laju QE-nya.

Indeks S&P 500 ditutup naik +0,23%, Indeks Dow Jones Industrials ditutup turun -0,03%, dan Indeks Nasdaq 100 ditutup naik +0,37%.

Berita ekonomi AS hari Rabu adalah bullish untuk saham. Klaim pengangguran awal mingguan AS turun -71.000 ke level terendah 52 tahun di 199.000, menunjukkan pasar tenaga kerja yang lebih kuat dari ekspektasi 260.000. Juga, pesanan baru barang modal Oktober ex-pesawat non-pertahanan, proksi untuk belanja modal, naik +0,6% m/m, sedikit lebih kuat dari ekspektasi +0,5% m/m. Selain itu, pengeluaran pribadi AS Oktober naik +1,3% m/m, lebih kuat dari ekspektasi +1,0% m/m dan peningkatan terbesar dalam 7 bulan. Akhirnya, pendapatan pribadi Oktober naik +0,5% m/m, lebih kuat dari ekspektasi +0,2% m/m.

Deflator inti PCE Oktober AS naik +0,4% m/m dan +4,1% y/y, sesuai ekspektasi. Kenaikan +4,1% y/y adalah yang terbesar dalam 30 tahun.

Komentar pada hari Rabu dari Presiden Fed San Francisco Daly adalah bearish untuk saham ketika menyatakan sepenuhnya mendukung percepatan tapering.

Risalah pertemuan FOMC 2-3 November sedikit hawkish untuk kebijakan Fed dan bearish untuk saham. Risalah tersebut menyatakan bahwa pejabat Fed menekankan perlunya fleksibilitas pada kecepatan pengurangan program pembelian obligasi mereka. “Peserta mencatat bahwa FOMC tidak akan ragu untuk mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi tekanan inflasi yang menimbulkan risiko terhadap stabilitas harga jangka panjang dan tujuan pekerjaan.”

HP Inc (HPQ) ditutup naik lebih dari +10% pada hari Rabu untuk memimpin perolehan di S&P 500 setelah melaporkan pendapatan Q4 sebesar $16,7 miliar, lebih baik dari konsensus $15,4 miliar.

Deere & Co (DE) ditutup naik lebih dari +5% pada hari Rabu setelah memperkirakan laba bersih tahun 2022 sebesar $6,5-$7,0 miliar, dengan titik tengah di atas konsensus $6,66 miliar.

Kekuatan saham teknologi pada hari Rabu mendukung pasar secara keseluruhan. Advanced Micro Devices (AMD) ditutup naik lebih dari +5%, Xilinx (XLNX) ditutup naik lebih dari +4%, NetApp (NTAP) ditutup naik lebih dari +3%, dan Nvidia (NVDA) ditutup naik lebih dari +2% .

Gap (GPS) ditutup turun lebih dari -24% pada hari Rabu untuk memimpin pecundang di S&P 500 setelah melaporkan penjualan Q3 sebesar $3,9 miliar, lebih lemah dari konsensus sebesar $4,4 miliar, dan memangkas perkiraan penjualan bersih setahun penuh menjadi sekitar +20 % dari pandangan sebelumnya +30%, di bawah konsensus +28,3%.

Autodesk (ADSK) ditutup turun lebih dari -15% pada hari Rabu untuk memimpin pecundang di Nasdaq 100 setelah memperkirakan EPS Q4 sebesar $1,41-$1,47, di bawah konsensus $1,48, dan mempersempit perkiraan EPS yang disesuaikan setahun penuh menjadi $4,98-$5,04 dari a tampilan sebelumnya $4,91-$5,06.

T-notes Desember (ZNZ21) pada hari Rabu ditutup naik +1,5 tick, dan imbal hasil T-note 10-tahun turun -2,7 bp menjadi 1,638%. T-notes Desember pada hari Rabu pulih dari terendah 1-3/4 tahun berjangka terdekat, dan imbal hasil T-note 10-tahun turun kembali dari tertinggi 1 bulan di 1,691%. Penguatan di pasar obligasi pemerintah Eropa pada hari Rabu memicu short-covering di T-notes. Juga, berkurangnya ekspektasi inflasi mendukung T-notes setelah tingkat inflasi impas 10 tahun turun ke level terendah 2 minggu di 2,577%.

Pada awal pekan mendatang akan dirilis data Pending Home Sales Oktober yang diindikasikan meningkat.

Analyst memperkirakan bursa Wall Street akan mencermati data Pending Home Sales yang jika positif dapat memberikan dukungan kenaikan. Namun jika sentimen kenaikan suku bunga lebih cepat darai yang diperkirakan, akan menekan bursa saham AS. PT KP PRESS

vibiznews.com

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KP PRESS 2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KP PRESS
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KP PRESS
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KP PRESS
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KP PRESS
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KP PRESS
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KP PRESS

Tinggalkan komentar